Dioptimalkan! Barcelona Tetap Menahan Andreas Iniesta Walau Sudah Tua



Barcelona sukses mengahan imbang tuan rumah 1-1 Chelsea pada laga leg pertama babak 16 akbar Liga Champions di Stadion Stamford Bridge, Selasa (20/2/2018) saat setempat atau Rabu dini hari WIB.

Dalam laga ini Andres Iniesta sebagai kreator gol penyama kedudukan El Barca sesudah umpannya sanggup dimanfaatkan Lionel Messi menjadi gol pada mnt ke-75.

Sebelumnya Chelsea sanggup unggul terlebih dahulu lewat Willian pada mnt ke-62.

Uniknya ini merupakan kali pertama kapten Barcelona ini tampil penuh 90 mnt dalam pertandingan Liga Champions. Ya dia lah Iniesta, pemain emas barcelona yang memiliki debut dan kecekatan dalam memimpin tim. Walaupun sudah mulai berumur iniesta tetap memilik tenaga kuda yang bisa bermain bola selama 90 menit full pertandingan. 

Dari data yang diperoleh BolaSport.Com berdasarkan Transfermarkt animo ini dari enam laga yg dilakoni Barcelona sebelum berjumpa Chelsea, Andreas Iniesta tidak pernah sekalipun tampil 90 mnt.

Bahkan Iniesta telah dua kali absen bermain di fase kelompok ketika menghadapi Olympiacos dan Sporting CP akibat cedera.

Hal serupa juga terjadi pada Liga Spanyol, Andreas Iniesta hanya tampil 3 kali selama 90 mnt yaitu waktu menghadapi Malaga (pekan ke-9), Deportivo Alaves (pekan ke-21), & Espanyol (pekan ke-22).

Selain tiga laga tadi pemain 33 tahun ini kebanyakan diganti oleh instruktur Barcelona, Ernesto Valverde.

Hal ini menunjukan bahwa pelatih Ernesto Valverde mungkin mengganggap fisik Iniesta tak sebaik dulu.

Selain faktor usia, Iniesta isu terkini ini pula relatif seringkali berkutat dengan cedera.

Peran Iniesta yang di beberapa animo yang lalu tampil eksplosif juga ekspresi dominan ini lebih bergeser relatif mundur dengan formasi 4-4-2 yang kerap diusung oleh Valverde.

Di sisi lain Barcelona juga memiliki opsi pemain lain, seperti Denis Suarez, Alex Vidal, sampai Philippe Coutinho, yg mampu bermain pada posisi Iniesta, sektor kiri & gelandang tengah.

Perubahan kiprah Iniesta ini terlihat dari jumlah gol dan assist-nya yang menurun drastis dibanding beberapa animo lalu.

Musim ini Iniesta baru mencetak satu gol dan 3 assist bersama Barcelona di semua ajang

Meski minim dalam jumlah gol & assist, bukan berarti Iniesta tidak memainkan kiprah yang penting bagi Barcelona.

Dirinya bersama Sergio Busquets sebagai jendral lapangan tengah Barcelona dan memainkan kiprah krusial menjadi pembagi bola bagi lini depan El Barca.

Barcelona sendiri ketika ini tampil menawan pada Liga Spanyol & Liga Champions menggunakan belum sekalipun terkalahkan. Selain itu, mereka pula dipastikan lolos ke babak final Copa del Rey.


Sumber: Ucnews / Bola

Comments